Senin, 20 Maret 2017

Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Di Android

Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Di Android - Internet bukanlah lagi kebutuhan sekunder manusia tetapi sudah menjadi kebutuhan primer yang harus ada dalam kehidupan manusia. Kebutuhan internet ini sangat penting agar kita dapat melakukan berbagai hal seperti membuka facebook, browsing dan masih banyak lagi. Tapi terkadang kita merasa was - was untuk membuka website atau untuk menonton youtube.
Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Di Android
Nah, untuk mengatasi hal tersebut saya sudah menyiapkan artikel yang semoga saja dapat membantu sobat oprekers untuk dapat menghemat kuota internet sobat. Pasti sobat bertanya - tanya, apakah mungkin kuota internet bisa di hemat? bisa. Contohnya saja saat kita membuka facebook versi standart pasti akan lebih memakan kuota internet dari pada membuka facebook versi lite.

Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Di Android :


1. Buka Website versi lite
 Cara yang pertama adalah dengan membuka website menggunakan versi lite. Cara ini sangat ampuh karena disaat kita menggunakan versi lite maka kita tidak akan membuka website versi desktop. Cara mengatur tampilan website agar menjadi versi lite di uc browser adalah :
  1. Masuk di Pengaturan
  2. Pilih Pengaturan browsing
  3. Pilih Preferensi situs (UA)
  4. Setelah itu ganti pilihan mobile ke lite. Perhatikan gamabar di bawah.
Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Di Android

2. Aktifkan Batas Penggunaan Mobile Data 
Pasti para pengguna android sudah kenal dengan fitur android yang satu ini. yap, ini adalah fitur bawaan smartphone android. Fitur ini berfungsi untuk memberi peringatan disaat kita sudah menggunakan data melebihi ketentuan penggunaan data internet yang kita tetapkan.
3. Gunakan Fitur Data Saver 
Bagi pemula pasti belum cukup kenal dengan fitur yang satu ini? ini merupakan salah satu google chrome. Fitur ini bermanfaat untuk mengkompres data yang kamu gunakan hingga 50%.


4. Gunakan Browser Yang Hemat Kuota
Browser adalah salah satu alat penting yang harus ada jika kita ingin mengakses internet. Penggunaan browser yang tidak tepat dapat menyedot kuota internet yang banyak sehingga kuota internet kita cepat habis. Salah satu browser yang dapat menghemat kuota adalah opera mini.

5. Aktifkan Fitur Update Otomatis Menggunakan Wifi Di Playstore 

Fitur yang satu ini pasti tidak asing bagi pengguna playstore, disaat kita akan melakukan  update aplikasi pasti akan selalu ada peringatan untuk mengaktifkan fitur ini, mungkin ini adalah salah satu fitur yang fungsinya adalah untuk menghemat kuota internet sobat. Sebab aplikasi yang akan diupdate akan terupdate jika ada jaringan wifi bukan dari kuota data kita . Fitur ini sangat bermanfaat untuk menghemat data kita . 

6. Gunakan Aplikasi Lite 
Disaat ini banyak sekali social media yang sudah menyediakan aplikasi seperti ini  contohnya saja facebook lite. Penggunaan aplikasi lite selain untuk menghemat kuota dapat juga untuk mempercepat transfer data. Jadi aplikasi lite cocok digunakan untuk para pengguna android dengan koneksi 2G.

7. Menahan Untuk Video Call Atau Live Streaming 
Kebanyakan dari kita para pengguna android pasti tidak ingin kalah dengan orang lain , sekarang fitur di instagram sudah bisa melakukan live streaming, namun fitur ini sangatlah boros memakan kuota internet kita, jadi tergantung pada kita para user, apakah bisa kita menahan untuk tidak live streaming, apalagi untuk hal yang tidak terlalu penting. Ada lagi aplikasi line yang sering di gunakan para pengguna android khususnya anak sekolah karena aplikasi ringan ini sangat mudah untuk di akses begitu juga tampilan yang menyenangkan , Namun, kebanyakan dari kita pastilah menggunakan video call untuk berinteraksi dengan orang lain. Justru inilah yang akan membuat kuota internet kita akan cepat habis . 

Dengan melakukan penghematan kuota internet ini berarti kita juga akan menghemat uang kita di dalam dunia nyata. Buat apa merogoh kocek dalam dalam untuk melakukan hal yang sebenarnya bisa dihemat. Untuk sobat yang masih sering boros terhadap kuota bisa juga menerapkan salah satu trik dari artikel di atas. Sebenarnya masih banyak sekali tips dan triknya namun karena keterbatasan waktu maka saya hanya merangkumnya menjadi sedemikian rupa karena ini bagian dari salah satu triknya.


EmoticonEmoticon